Pengertian Desain pameran & visual merchendiser
Desain
pameran & visual merchendiser
Arif
Rahman D
Pengertian Pameran
Pameran
merupakan suatu bentuk dalam usaha jasa pertemuan. Yang mempertemukan antara produsen
dan pembeli
namun pengertian pameran lebih jauh adalah suatu kegiatan promosi
yang dilakukan oleh suatu produsen, kelompok, organisasi, perkumpulan tertentu
dalam bentuk menampilkan display produk kepada calon relasi atau pembeli.
Adapun macam pameran itu adalah : show, exhibition, expo,
pekan raya, fair, bazaar, pasar murah. Dan Pameran merupakan penyajian visual
benda-benda2 & 3dimensi, bertujuan mengkomunikasikan ide atau informasi kepada
orang banyak (Sulaiman,1988).
Cara dan pelaksanan
dalam membuat stand booth pameran menjadi
menarik , hal-hal yang perlu di persiapkan adalah sebagai berikut :
1.
Beri ruang terbuka, sebaiknya akses ke dalam booth terbuka lebar
agar leluasa bergerak di sekitar booth.
2.
Pencahayaan yang baik, berikan pencahayaan berupa lampu-lampu yang mengarah kesetiap produk yang
ditampilkan. Beri beberapa lampu untuk menyoroti bagian utama dalam booth Mendisplay
produk& nama perusahaan disudut yang terlihat oleh pengunjung.
3.
Penggunaan warna yang mencerminkan produk.
4.
Jangan terlalu banyak menampilkan produk.
5.
Tampilan produk dengan dibuat tingkatan,seleksi produk yang
menjadi prima dona lalu beritingkatan pada display booth sehingga memudahkan
para pengunjung melihat produk.
6.
Berikan suasana ceria &bersahabat.
7.
Kesan pertama booth, buat booth anda mendapat kesan pertama yang
baik walaupun dari jarak jauh.
8.
Tampilkan produk berkualitas tinggi.
9.
Gunakan paduan warna interior yang menariksehinggaarea stand booth
menjadiramai.
Sarana dan Prasarana Pendukung Pameran
Sapras: Merupakan Sarana dan Prasarana
Pendukung Kegiatan Pameran beberapa diantaranya adalah:
1.
Kartu
Undangan Pameran
2.
Katalog kegiatan berupa buku kecil atau Brosur
yang isinya Informasi tentang :
- Kegiatan Pameran (Tempat dan Waktu pelaksanaan Pameran),
- Data Karya yang dipamerkan dilengkapi dengan komentar tentang karya,
- Biodata Seniman yang berhubungan dengan kepentingan Pameran.
Di tinjau dari jumlah sasaran
yang ingin di capai, pameran termasuk jenis metode penyuluhan yang menggunakan pendekatan
massal. Melalui pendekatan ini, banyakmanfaat yang dapat
di peroleh dari pelaksanaan pameran, antara lain:
·
Menarik
perhatian dan meningkatkan pengertian banyak orang
·
Memberikan
alternative usaha kepada pengunjung terhadap cara-cara baru
·
Menumbuhkan
daya tarik pada kegiatan-kegiatan penyuluhan
·
memperlihatkan
proses perbaikan teknologi pertanian dari masa kemasa
Komentar