Pengertian Desain pameran & visual merchendiser


Desain pameran & visual merchendiser





Arif Rahman D




Pengertian Pameran



Pameran merupakan suatu bentuk dalam usaha jasa pertemuan. Yang mempertemukan antara produsen dan pembeli namun pengertian pameran lebih jauh adalah suatu kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu produsen, kelompok, organisasi, perkumpulan tertentu dalam bentuk menampilkan display produk kepada calon relasi atau pembeli. Adapun macam pameran itu adalah : show, exhibition, expo, pekan raya, fair, bazaar, pasar murah. Dan Pameran merupakan penyajian visual benda-benda2 & 3dimensi, bertujuan mengkomunikasikan ide atau informasi kepada orang banyak (Sulaiman,1988).













               Cara dan pelaksanan dalam  membuat stand booth pameran menjadi menarik , hal-hal yang perlu di persiapkan adalah sebagai berikut :

1.     Beri ruang terbuka, sebaiknya akses ke dalam booth terbuka lebar agar leluasa bergerak di sekitar booth.
2.     Pencahayaan yang baik, berikan pencahayaan berupa lampu-lampu  yang mengarah kesetiap produk yang ditampilkan. Beri beberapa lampu untuk menyoroti bagian utama dalam booth Mendisplay produk& nama perusahaan disudut yang terlihat oleh pengunjung.
3.     Penggunaan warna yang mencerminkan produk.
4.     Jangan terlalu banyak menampilkan produk.
5.     Tampilan produk dengan dibuat tingkatan,seleksi produk yang menjadi prima dona lalu beritingkatan pada display booth sehingga memudahkan para pengunjung melihat produk.
6.     Berikan suasana ceria &bersahabat.
7.     Kesan pertama booth, buat booth anda mendapat kesan pertama yang baik walaupun dari jarak jauh.
8.     Tampilkan produk berkualitas tinggi.
9.     Gunakan paduan warna interior yang menariksehinggaarea stand booth menjadiramai.












Sarana dan Prasarana Pendukung Pameran

Sapras: Merupakan Sarana dan Prasarana Pendukung Kegiatan Pameran beberapa diantaranya adalah:
1.     Kartu Undangan Pameran
2.     Katalog kegiatan berupa buku kecil atau Brosur yang isinya Informasi tentang :
  • Kegiatan Pameran (Tempat dan Waktu pelaksanaan Pameran),
  • Data Karya yang dipamerkan dilengkapi dengan komentar tentang karya,
  • Biodata Seniman yang berhubungan dengan kepentingan Pameran.

              Di tinjau dari jumlah sasaran yang ingin di capai, pameran termasuk jenis metode penyuluhan yang menggunakan pendekatan massal.  Melalui pendekatan ini, banyakmanfaat  yang  dapat di peroleh dari pelaksanaan pameran, antara lain:
·        Menarik perhatian dan meningkatkan pengertian banyak orang
·        Memberikan alternative usaha kepada pengunjung terhadap cara-cara baru
·        Menumbuhkan daya tarik pada kegiatan-kegiatan penyuluhan
·        memperlihatkan proses perbaikan teknologi pertanian dari masa kemasa

Komentar